Senin, 07 September 2020

STRUKTUR SOSIAL

 

Key word : struktur sosial, stratifikasi dan diferensiasi

A.      STRUKTUR SOSIAL

Struktur sosial merupakan tatanan sosial dalam kehidupan masyarakat. Di dalamnya terdapat hubungan timbal balik antara status dan peran tiap individu. Status adalah kedudukan seseorang dalam masyarakat, sedangkan peran adalah berbagai perilaku yang diharapkan muncul pada diri seseorang yang menyandang status tertentu. Macam-macam status adalah sebagai berikut :

1.   Ascribed status, yaitu status yang diperoleh individu sejak lahir

2.   Achieved status, yaitu status yang diperoleh individu karena adanya suatu usaha

3.   Assigned status, yaitu status yang diperoleh individu tanpa usaha, tetapi karena diberikan.

Peran merupakan aspek dinamis yang selalu melekat pada status sosial atau kedudukan seseorang dalam masyarakat. Individu yang menyandang status sosial tidak akan dapat dipisahkan dari peran sosial yang melekat di dalamnya.


Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=rPWb-JTBAeQ



Sumber Gambar : https://www.google.com/search?q=struktur+sosial+&tbm=isch&ved=2ahUKEwj9h-me7LzxAhUCUXwKHUT0BO4Q2-cCegQIABAA&oq=struktur+sosial+&gs_lcp=CgNpbWcQAzIECCMQJzICCAAyAggAMgIIADICCAAyAggAMgIIADICCAAyAggAMgIIADoHCCMQ6gIQJzoECAAQQzoFCAAQsQM6CAgAELEDEIMBOgcIABCxAxBDUJ0NWKlpYIdvaAFwAHgKgAGqCYgBvHuSAQ8wLjIuOC4yLjMuOC40LjOYAQCgAQGqAQtnd3Mtd2l6LWltZ7ABCsABAQ&sclient=img&ei=ShLbYP26IoKi8QPE6JPwDg&bih=552&biw=1280&safe=strict#imgrc=ht5YNRtCnJNYOM

 

Menurut Peter M. Blau, struktur sosial terbagi menjadi dua bentuk, yaitu interseksi sosial dan konsolidasi sosial. Interseksi merupakan struktur sosial dimana para anggotanya bersifat tumpang tindih atau silang-menyilang. Keanggotaan kelompok berasal dari berbagai latar belakang yang berbeda tetapi disatukan dalam kesamaan-kesamaan tertentu yang dapat memperkuat integrasi. Sedangkan konsolidasi adalah bentuk struktur sosial dimana setiap anggota kelompok saling menguat ke dalam kelompoknya masing-masing dan tidakmemiliki kesamaan denga n anggota kelompok yang lain. Struktur sosial ini lebih rentan terjadi konflik sosial.


Perhatikan video dalam link berikut :

https://youtu.be/dT_wrPWchH8

 

B.      DIFERENSIASI DAN STRATIFIKASI

`        Diferensiasi merupakan suatu bentuk penggolongan-penggolongan anggota masyarakat yang             bersifat sederajat atau horizontal. Terdapat beberapa bentuk diferensiasi, yaitu :

                        Sumber gambar : https://www.google.com/search?q=diferensiasi&safe=strict&sxsrf=ALeKk00FA--DWBA5yR2_VQ6eZg7QHfq1kw:1624969479339&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=2ahUKEwivlNiE67zxAhWPbn0KHWzZA7EQ_AUoAXoECAEQAw&biw=1280&bih=609#imgrc=-AyEMTIKkO_f2M


1.       Ras

2.       Etnis (suku bangsa)

3.       Klan (sistem kekerabatan)

4.       Agama

5.       Profesi

6.       Jenis kelamin

Stratifikasi sosial merupakan perbedaan atau penggolongan masyarakat ke dalam kelas-kelas yang tersusun secara bertingkat. Stratifikasi sosial muncul akibat adanya sesuatu yang dihargai dalam masyarakat. Ukuran yang dipakai untuk menggolong-golongkan anggota masyarakat ke dalam suatu lapisan, yaitu:

1.       Kekayaan

2.       Kekuasaan

3.       Kehormatan

4.       Ilmu pengetahuan/pendidikan

5.       Keturunan

Latihan soal :

Setelah kita membaca ringkasan materi tentang struktur sosial, marilah kita mengerjakan  soal latihan berikut. Silahkan tulis soal dan jawabannya di buku tulis anda, supaya materi cepat terserap dalam memori kita. Silahkan tuangkan kreativitas kalian, boleh menggunakan pulpen aneka warna atau dihias, supaya saat membaca ulang, kalian tidak bosan.

1.      💙 Apakah itu struktur sosial?

2.       💙Jelaskan tentang status dan peran!

3.       💙Sebutkan macam-macam status !

4.       💙Apakah itu diferensiasi? Sebutkan beberapa bentuk diferensiasi!

5.      💙Apakah itu stratifikasi? Sebutkan beberapa ukuran pembentuk stratifikasi!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kelompok Sosial