Selasa, 30 Mei 2017

Jogjakarta #1 Explore Taman Sari

Kami mengunjungi Tamansari Jogjakarta pada liburan sebelum puasa tepatnya tanggal 25 Mei 2017. Kami dari kos berempat, aku, Yeni, Yesi dan Linda. Sebelum berangkat kami sarapan di rumah makan mbok was yang terkenal murah meriah. 

Kami segera bergegas ke Stasiun Balapan dan mengantri tiket berangkat. Dan karena musim liburan, meskipun jam 8 kami bisa naik kereta jam 10.40 siang. Lalu aku mengantri lagi untuk tiket balik dari Stasiun Tugu ke Stasiun Balapan pukul 20.02. Sekali main, sekalian aja yang puas. Alhamdulillah kami bisa dapat tiket pulang. Harga tiket Prameks sekali jalan 8 ribu rupiah saja, dengan fasilitas gerbong yang nyaman, bersih dan ber ac. Terkadang tidak dapat tempat duduk sih, tapi it's okay. Masih nyamanlah kukira.

kala menunggu kereta di Stasiun Balapan

Sampai Jogja sudah waktunya makan siang, beli ayam geprek dan segera pesan becak ke taman sari. 25 ribu sekali jalan, untuk 3 orang. Kami disana bertemu dengan 4 orang lainnya, jadi lebih enak patungannya. 

Tiket masuk taman Sari sebesar 5 ribu rupiah saja, tidak dibatasi mau keluar jam berapa. Di dalam Taman Sari ada kolam pemandian putri raja, istri dan selir raja dan pemandian untuk raja. ada juga ukiran besar yang bisa dijadikan latar pertunjukan seni. 

Ada pula lorong-lorong seperti gua yang konon katanya penghubung ghaib antara Keraton Jogjakarta dengan penguasa laut selatan, Nyi Roro Kidul. Ada juga tangga berkaki empat yang menjadi pusat perhatian Yeni. 

Main ke Taman Sari lumayan menyenangkan, kami sempat pula beli es khado 3 ribuan yang krenyes-krenyes di lidah. Bisa sambil nostalgia jajanan kala masih SD. Tamansari merupakan destinasi yang menarik, banyak wisatawan lokal maupun manca yang berkunjung kesini. Aku sempat berbincang dengan turis asal Argentina, yang berkunjung dengan pacarnya dan ibu pacarnya. Mereka sudah ke Vietnam, Laos, Filipina dan lain-lain.

Bagi yang ingin irit, tidak pakai jasa pemandu, bisa membaca pamflet yang bisa minta di loket karcis. Menyenangkan main ke sini. kalau aku sudah dua kali kesini, tapi kesannya tetap menyenangkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kelompok Sosial