Sabtu, 13 Mei 2017

Teori Fungsionalisme Malinowski dan Implikasinya terhadap Studi Agama

Review antropologi religi
Teori Fungsionalisme Malinowski dan Implikasinya terhadap Studi Agama
A.    Latar Hidup Malinowski
Dalam sesi ini diceritakan bahwa Malinowski terinspirasi oleh Frazer dalam studi antropologi. Sebelumnya Malinowski adalah ilmuwan matematika dan ilmu alam, tapi juga mendalami psikologi hingga akhirnya memutuskan menjadi antropolog dengan penelitian lapangan di Australia dan Kepulauan Triobriand.
B.     Asumsi Dasar Teori Fungsionalisme
Bagi Malinowski, kebudayaan harus bersumber pada fakta-fakta biologis. Kebudayaan muncul karena respons atas kebutuhan manusia. dengan kata lain, kebudayaan merupakan usaha untuk memenuhi kebutuhannya. Akibat dari usaha untuk memenuhi kebutuhan dasar (basic need) maka dalam masyarakat akan muncul kebudayaan (cultural responses).
Kebudayaan adalah sistem dari obyek-obyek,akivitas-aktivitas dan sikap dimana eksistensi dari setiap bagiannya memiliki arti untuk keseluruhan. Ada integrasi yang menghubungkan setiap elemen kebudayaan. Elemen kebudayaan berupa aktifitas, obyek dan sikap memiliki tugas dan fungsi yang vital dalam suatu institusi dan bersifat dinamis.
C.    Penelitian Malinowski
Penelitian dilakukan di pulauTriobriand masyarakat memiliki sistem perdagangan yang bernama kula antar penduduk di kepulauan tersebut. hasil penelitian, ada hubungan berbagai aktivitas manusia dengan sistem perdagangan itu. baik aktivitas ekonomi, aktivitas religi, gengsi semua berhubungan dnegan sistem kula. Metode penelitian adalah metode partsipasi observasi. Pengumpulan data dengan Pendekatan emik (native point of view).
D.    Implikasi Teori Malinowski terhadap Studi Religi
Fungsi agama adalah memberikan optimisme manusia memenuhi kebutuhannya. Agama mengisi kekosongan atas kurangnya ilmu dalam  usaha pragmatis manusia.  perbedaan magi dan religi. Magi ditujukan pada hal yang konkret dan jelas, misal ingin dagangan laris, ingin dapat keuntungan besar.religi dipraktekkan untuk mengejar tujuan yang tidak konkret, yakni dengan berdoa, yang belum tentu terkabul atau tidak.

 Solo, 12 September 2015
malam minggu suwung, padahal buat PPT untuk ujian belum selesai, malah upload-upload file yang tersimpan di file laptop.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kelompok Sosial