Selasa, 02 Mei 2017

Tentang Usaha dan Tantangan

Tiap orang punya jalan hidupnya masing-masing, punya prioritas masing-masing dan tantangan masing-masing. Dalam satu hal saja, ada berbagai usaha tapi hasilnya berbeda-beda. Ada banyak faktor yang mempengaruhi hasil dari usaha kita.

Misalnya saja mengerjakan skripsian. Ada yang mendapat pembimbing enak jadi bisa terus progress, ada yang dapat pembimbing yang berkarakter nyleneh yang tidak bisa ditangkap mahasiswa apa maksudnya.

Ada kawan yang dia sudah mengajukan proposal skripsi puluhan kali, baru diacc. Dan sampai sekarang masih berjuang untuk semprop. Ada pula kawan yang sudah hampir ujian sidang skripsi Minggu depan.

Tapi aku yakin, tiap orang punya cobaannya masing-masing dan Allah menyukai hamba-Nya yang berupaya keras tak pernah lelah mengetuk pintu rahmat-Nya. Dengan cobaan yang berbeda, pasti disesuaikan dengan kemampuan hamba-Nya, yang kuatlah yang diberikan cobaan terbesar. 

Disesuaikan lah. Kadang aku kasian dengan teman yang belum semprop, tapi aku sadar Allah sedang mengujinya dengan ujian kesabaran. Jika ia sabar, maka ia akan naik tingkat derajatnya.

Aku cuma bisa mendoakan semoga jalannya dimudahkan dan urusannya diperlancar. Semangat Uswa kamu pasti bisa melalui ini semua.

Ada juga yang memprioritaskan hal lain, karena mikirnya kuliah tinggal skripsi yang bisa dinomorduakan. Ada yang fokus skripsian karena tidak mau bayar untuk semester tambahan. Lulus tepat waktu dan tidak membebani orang tua lagi. Bisa segera kerja dan membahagiakan orang-orang terkasih.

Tiap orang punya motivasinya masing-masing untuk do right now or do it later. Tak usah banyak cincong dengan keadaan orang lain. Kita tak pernah tahu seberapa keras seseorang berusaha, berikanlah doa yang baik, tak usah banyak komentar yang bisa menyakiti hati teman kita. Akhirnya, we know she, but we don't know her story.

Ketika kita menjadi saksi perjuangan orang lain, doakan dengan baik dan saksikan bahwa perjuangannya kelak akan berbuah manis. Doa yang sama untukku juga. Semoga. Aamiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kelompok Sosial