Sabtu, 14 Januari 2017

Review Film "Munafik" Film Horor yang Syar'i


Film munafik adalah film asal negeri jiran Malaysia yang dirilis pada tahun 2016 kemarin. Kebetulan ada teman kos yang request di downloadkan film ini jika di kampus, karena di kampus wifinya kenceng banget. Cari-cari di youtube belum nampak yang full version, kebanyakan cuplikan tertentu atau trailer saja. 

Hingga aku bisa mendownload film ini. Sebenarnya aku tidak suka film horor yang menggunakan rasa takut manusia sebagai objek yang dijual dalam media film. Dalam bahasa ringkasnya, aku penakut. Hehe tapi karena hasutan dan dorongan dari si temen kos, akhirnya aku penasaran nonton film horor.

Langsung ke cerita intinya. Awal atau intro ada adegan kecelakaan seorang ustadz desa bernama Adam yang bisa menyembuhkan orang kesurupan , ia berhasil selamat tetapi istrinya (terpelanting jauh , bersimbah darah, sakaratul maut dan akhirnya meninggal.

Adegan dilanjutkan dengan latar waktu 3 bulan kemudian sesudah kejadian kecelakaan. Ternyata Adam begitu mencintai istrinya, dan belum memaafkan siapa yang mencelakai mereka. Adam masih menyimpan dendam dan vakum tidak menrukyah orang kesurupan.

Ia ke kuburan bersama anaknya, diperhatikan  terus dan dilirik-lirik oleh penjaga makam, yang menghampiri Adam dan berterimakasih pada Adam karena sudah  pernah menyembuhkan istrinya yang kerasukan.  

Di masjid, ia diingatkan oleh para kyai, sesepuh dan teman-temannya untuk tidak terus menerus bersedih atas meninggalnya istri Adam. Adam masih belum mampu memaafkan orang yang menyebabkan kecelakaan.

Di sisi lain, ada Maria, anak orang kaya yang tinggal bersama dengan bapaknya yang terlihat alim, lumpuh dan berkursi roda dan ibu tirinya yang masih muda bernama Zati.  Ia sering sekali diganggu oleh makhluk halus. Ada beberapa konflik kecil yang kadang terjadi antara Zati dan Maria sebagai anak tiri dan ibu tiri.

Meskipun begitu, Zati lah yang berusaha menyembuhkan gangguan jin yang dialami Maria. Ia yang meminta Adam untuk coba menyembuhkan Maria melalui media rukyah.
Dilain sisi, Maria adalah wanita karir yang bekerja. Rekan kerjanya ada yang menyukai Maria. Pada suatu kala, si jin di tubuh Maria, mengatakan ke dia kalau Maria dan Adam ada hubungan. Ada subplot si rekan kerja Maria, melabrak Adam.

Hantu yang mengerikan di tubuh Maria lumayan susah untuk dikeluarkan. Adegan ngeri ketika muntah darah dan paku. Hiiiih ngeri. Bahkan si hantu sampai mengganggu kehidupan Adam dan para tokoh agama yang berusaha mau menolong Maria.

Ada seorang ustadz lain yang meninggal karena kecelakaan setelah pulang dari rumah Maria. Bersamaan dengan itu bapak Maria menghilang. Adam berusaha menyusul ke TKP dan pekuburan si ustadz. Di tengah jalan, ia ditelpon anaknya, yang mengabarkan ia ditemani ibunya. Hal ini membuat Adam tambah frustasi.

Ia menuju kuburan,  membongkar kuburan istrinya untuk memperlihatkan ke si anak kalau ibunya sudah meninggal. Sesampai di rumah, si anak ketakutan bapaknya pulang bawa mayat. Hingga si anak mau lari dan mau dicekik oleh Adam.

Ternyata itu hanya mimpi. Bagian ini yang menurutku paling ngeri. Bayangkan membongkar kuburan seorang diri, mayatnya diseret, situasinya hujan gerimis. Bikin bulu kuduk merinding.

Ternyata, yang jahat adalah bapak Maria yang bersekutu dengan setan untuk mendapatkan aneka kekayaan. Ia suka mencelakai orang yang beriman karena perjanjiannya dengan setan. Maria akhirnyameninggal di tangan bapaknya karena Maria sudah insyaf dan tidak menyembah apa yang ia sembah.

Adam bisa dipontang-pantingkan oleh kekuatan si setan, jika ada keragu-raguan  pada Kebesaran Allah. Memory Adam menerawang kembali pada runtutan ujian keimanan yang ia dapatkan dengan meninggalnya istri  yang ia kasihi.

Adam bertawakkal kepada Allah dan menyerahkan seluruh hidupnya pada Allah. Pertolongan Allah hadir, melalui halilintar yang menyambar tubuh bapak Maria, nyaris sebelum ia menghabisi Adam.
Lalu datanglah bantuan, Bapak si Adam dan Penjaga Makam. Mereka juga menuturkan ada rahasia lain, bahwa anak Adam sudah meninggal bersama dengan istrinya saat kecelakaan. Tapi dalam perasaan Adam ia masih hidup.

Hikmahnya bagus, mengenai bagaimana kemunafikan bisa terjadi tanpa kita sadari. Misal bapak Maria yang terlihat alim di desanya, selalu aktif ke masjid dan bersedekah, tetapi ternyata dijadikan cara untuk mencelakai orang lain, terutama orang-orang beriman.

Mencari kekayaan dengan jalan setan diceritakan dengan apiknya. Hal ini sangat nyambung dengan kisah mistis yang seringkali terjadi di sekitar kita. aku menonton film ini berlima dengan teman dan sesudah ini berdiskusi alias ngobrol tentang hantu-hantuan, dan ada yang pernah mengetahui praktik serupa di daerahnya.

Dan satu lagi, film ini tidak menjual visualisasi tubuh seksi perempuan sebagai daya tariknya. Berbeda dibanding dengan film-film horor lainnya. Padahal aku jarang nonton fil m horor, tapi worth to watch this movie daah.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kelompok Sosial