Jumat, 19 Mei 2017

Tips aman bepergian sendirian

Perjalanan yang dilakukan sendirian menuntut persiapan yang lebih dibanding perjalanan berkelompok. Apalagi untuk perempuan, akan sangat riskan sebenarnya melakukan perjalanan jauh sendirian. Karena harusnya perempuan bepergian disertai oleh muhrimnya. Namun terkadang, keinginan dan keadaan menuntut kita sebagai perempuan untuk tangguh bepergian sendirian.

Salah satu moda transportasi murah meriah adalah bis. Teman-teman saya ada yang pernah mengalami kejadian tidak menyenangkan di bis. Seperti kecopetan atau pelecehan seksual.

Alhamdulillah sejauh ini saya tidak pernah mengalami kejadian yang tidak menyenangkan. Kecuali sekali saat saya kehilangan HP, ini salah saya juga sih. Ketiduran tidak meletakkan HP di dalam tas yang aman. Masih bisa diambil oleh orang yang melihat ada kesempatan.

Berikut adalah tips aman bepergian sendirian ala saya :
1. Pilih pakaian yang tidak mencolok, warna-warna gelap supaya tidak terlalu memancing perhatian.
2. Jangan menggunakan aksesoris berlebihan, gincu juga jangan terlalu tebal dan mengundang perhatian. Kalau saya, aksesoris yang terpenting jam tangan.
3. Jangan terlalu mudah percaya pada orang lain yang tidak dikenal. Bersikap baik boleh, sok baik jangan.
4. Bagi yang punya riwayat manja, simpan manja nya. Usahakan terlihat kuat dan mandiri.
5. Genggam kuat plan A, rencana awal mau kemana naik apa. Jangan mudah dirayu sopir taksi, ojek, atau bis jurusan lain. Tunjukkan kalau kita tahu apa yang kita mau.
6. Kalau bertanya, tanyalah pada para penjaga toilet, penjaga toko kelontong, atau petugas berseragam. Hal ini supaya kalian bisa dapat info valid tanpa beresiko dijerumuskan.
7. Waspada dan jaga barang bawaan. Untuk bepergian sendirian, jangan bawa barang terlalu banyak. Disesuaikan kebutuhan saja.
8. Jangan lupa doa perjalanan dan sholawat nabi. Ini penting untuk memberikan rasa tentram di hati. Niatkan safarmu untuk kebaikan, niscaya Allah akan memudahkan.
9. Perjalanan siang atau malam bagi saya sama saja. Tergantung kondisi dan kebutuhan. Yang jelas untuk perjalanan malam hari kewaspadaan dan sholawat harus ditingkatkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kelompok Sosial